Tentang Ilmu


Ilmu dalam bahasa arab apapun bentuknya , dalam artinya mengandung kejelasan. Ilmu bisa berarti ide bisa juga berarti proses dalam mencari ide.

Dalam agama ilmu bukan sekedar apa yang kta peroleh dalam belajar mengajar tapi juga cahaya.

Ilmu ada dua :

1. ilmu berasal dari manusia. Ilmu manusia bersifat relatif karena merupakan kesepakatan para ilmuwan. contoh : dulu para ilmuwan sepakat pluto merupakan planet, sekarang kesepakatan itu berubah.

2. ilmu yang berasal dari Tuhan. Ilmu Tuhan bersifat kekal dan sangat jelas.

Ilmu yang kita pelajari seharusnya ada manfaat dan tujuan. Ilmu secara tujuan ada yang mengkategorikan :

1. Ilmu untuk ilmu. Di negara barat sekarang sedang berkembang istilah ilmu untuk ilmu (science for science) . Segala sesuatu dipelajari untuk menambah ilmu itu sendiri.

2. ilmu untuk manusia. Ilmu yang dikembangkan untuk kemanfaatan manusia.

Menurut objeknya

1. ilmu yang objeknya bisa dilihat atau dibuktikan di laboratorium. Ilmuwan barat menganggap yang tidak bisa dilihat atau dibuktikan maka tidak bisa dimaksudkan dalam ilmu. Disini termasuk ilmu-ilmu eksakta.

2. Dalam AL Quran ada ilmu yang bisa kamu cari, ada yang tidak bisa diusahakan. Yang tidak bisa diusahakan misal insting atau hidayah. Maka semakin bersih hati, semakin mudah ilmu itu diterima.

Ilmu sangatlah banyak jenisnya maka dalam menuntut ilmu perlu cari prioritas.Beberapa prioritas yang perlu diperhatikan :

1. Carilah ilmu yang paling mendukung aktifitas. Aktifitas yang dimaksudkan adalah segala sesuatu yang perlu dilakukan karena nantinya akan diminta tanggung jawabnya.

2. Jangan menuntut ilmu yang ketidaktahuannya tidak merugikanmu

3. Jangan mengabaikan pengetahuan yang pengabaiannya merugikanmu

4. Sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang memperbaiki kalbu.

Ilmu juga tidak berasal dari ketidaktahuan, tidak tahu itu sendiri bisa jadi merupakan ilmu. Misal ketidaktahuan kita mengenai ruh atau kapan hari kiamat terjadi. Ketidaktahuan bukan langsung berarti kebodohan, bisa jadi hal itu merupakan kemungkinan dari begitu banyak kemungkinan sehingga tidak diketahui pasti mana yang paling benar. Contohnya seorang dokter bisa jadi mengatakan saya tidak tahu pasti penyakitnya jika suhu badan tinggi, karena suhu badan tinggi merupakan gejala banyak penyakit sehingga perlu dites lebih lanjut.

Dalam hidup ini jika manusia ingin mencapai tahapan tertentu , pastilah ilmu itu mutlak diperlukan. Ilmu adalah bekal untuk melaksanakan amalan yang selanjutnya amalan merupapakn tindakan untuk tujuan yang ingin dicapai.  Jika kalian menginginkan kebahagiaan dunia maka ilmu itu diperlukan jika kalian menginginkan kebahagiaan diakhirat ilmu juga diperlukan.

Selamat Mencari ILMU ….

next “Pentingnya Menuntut Ilmu”

Posted in life, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: